RSS

Cara Membuat Tas Tote..It’s Tote Bag Tutorial

06 Feb
IMG_0057

28 x 6 x 24 cm

Ini penampakan akhir dari tas tote with zipper yang selesai saya buat hari ini (fresh from the oven):

Cara buatnya sama persis dengan cara membuat pouch risleting atas.

Bahan dan bentuk pola yang kudu disiapin :

IMG_0013

1

1. Bahan tas bagian  luar tas tdd : 2 helai kain katun dan drill, dua lembar spon (kain keras boleh juga, kalo suka..tapi kalo utk latihan aja mendingan ga usah pake kain keras, kasian mesinnya. pake busa ati kayaknya lebih oke).

IMG_0015

2

2. Bahan tas bagian dalam : dua lembar kain katun/drill dan 1 pola persegi panjang untuk kantong.

Langkah pengerjaan :

3. Membuat hiasan bunga. Gunting pola persegi panjang ukuran sekitar 30 x 5 cm, Lipat dua, jahit tepi bawah (bukan kanan-kiri), maaf foto ga ada bukan krn sengaja, tapi kelupaan saking asyiknya fokus. Balik. Oya, jahitannya kudu menggunakan setelan jahitan berjarak paling lebar dan tingkat kekuatan jahitan paling rendah (jahit kendor). Contoh untuk mesin saya, jarak disetel di no. 4 (dan kekuatan jahitan antara no. 1 dan 2, gambar tdk ada) :

IMG_0016

Tarik sisa benang sehingga jadi mengkerut seperti ini :

IMG_0014

Klo dah dapet kerutan yg pas di hati, lipat sedikit bagian ujung2nya dan jahit agar rapi.

4. Pasang di kain luar tas, jahit perlahan. Mulai dari lingkaran terluar, lalu ke dalam.

IMG_0018

IMG_0019

IMG_0020

5. Satukan (jahit) kain hitam tempat bunga ini dengan kain setrip. Caranya kain setrip bagian bagus menghadap ke bunga :

IMG_0021

Kalo dbalik hasilnya akan menjadi :

IMG_0024

6. Sekarang membuat sandwich dengan urutan; spon bagian licin + kain dengan hiasan bunga menghadap atas, lalu risleting menghadap bawah, kain setrip bagian bagus menghadap bawah.

IMG_0025

Lalu jahit :IMG_0026

kalo dibalik akan menjadi :

IMG_0027

7. Tinggalkan kain yang sudah djahit dengan risleting tadi, kita beralih ke sisi satu lagi yakni kain luar untuk penampakan belakang tas. Mula2 buat kantung dengan cara  : pola dilipat dua, lalu tindas sisi kiri dan bawah. Biarkan sisi kanan tetap berlubang :

IMG_0028Balik sehingga bagian dalam ada di luar dan jahitan semula menjadi tersembunyi, lalu tekuk sedikit seluruh tepi kanan ke dalam, pasang kantung di badan tas dengan cara menjahitnya dimulai dari tepi kanan yang belum dijahit tsb :

IMG_0029 IMG_0030

IMG_0031

8. Buat sandwich lagi, selipkan di sisi risleting yang satu lagi :

IMG_0033

IMG_0034

Setelah dijahit/disatukan dengan risleting , hasilnya :

IMG_0037

9. Siapkan tali tas. Ukuran @60 cm. Rapikan ujungnya dengan cara dibakar sebentar agar tdak terburai :

IMG_0038

10. Pasang tali (dengan pentul) di badan luar tas. Pastikan jarak kiri kanan sama.

IMG_0039

Pastikan pula ketika dipegang, panjang tali sama (tidak jonjang) :

IMG_0040

Oya, ingat jangan sampai kain bagian dalam ikut ter-pentul. Pastikan jarum pentul hanya sampai spon saja (atau hanya sampai kain bagian badan luar tas).

IMG_0041

11. Jahit tali.

IMG_0042

IMG_0043

Tampak belakang jahitan tali

12. Setelah tali terpasang, PENTING sekali untuk membuka risleting sedikit sebelum mulai menjahit tepi2 tas. Ini memudahkan kita membalik tas.

IMG_0044

13. Satukan kain penampakan luar tas bagian depan dgan belakang, dan satukan juga kain lapisan dalam tas bagian depan dan belakang, jahit. Sisakan sekitar 15 cm tidak terjahit (untuk membalik tas) :

100_4218

14. Ujung2 tas ( 4 sudut) dijahit segitiga dan digunting :

IMG_0046

IMG_0047

IMG_0048

15. Balik tas dengan cara perlahan2 menarik bagian dalam ke luar melalui sisi yang tidak terjahit (lubang 15 cm) :

IMG_0049

IMG_0051

16. Jahit lubang tas (maaf ga terlihat krn benang hitam).

IMG_0052

Ini penampakan bagian badan dalam tas, dilihat dari atas (dari risleting) :IMG_0053

Lubang sudah terjahit.

17. TARAAAA !!!

IMG_0054

 
6 Komentar

Ditulis oleh pada Februari 6, 2013 in Tutorial Pembuatan Tas dan Dompet

 

6 responses to “Cara Membuat Tas Tote..It’s Tote Bag Tutorial

  1. Anie

    Mei 12, 2013 at 1:50 pm

    Cantik yaa tasnya. mau nax donk, sponx jenis apa yaak ? suka bingung nyarinya gr2 g tau namanya siiich ,, makasiih ,,

     
    • tashomemade

      Mei 14, 2013 at 10:25 pm

      Saya kurang tau juga namanya, yang jelas bukan spons kulit jeruk deh (klo kulit jeruk agak tebal tp klo yg saya pake bahannya lemas dan lebih enak buat dijahit)… Klo kita ke tokonya n bilang mw beli spons, mereka biasanya dengan senang hati menunjukkan berbagai jenis spons :)

       
  2. Ner

    Juni 29, 2013 at 3:50 pm

    Waaa..makasih tutorialnya mbak…ni aku mau daur ulang baju2 yg masih bagus kainnya tp udah sesek dipake karena cepet gendut heheh…

     
    • tashomemade

      Juli 6, 2013 at 1:13 am

      Met berkarya! Kalau rada gagal gpp, berikut2nya insyaAllah PASTI berhasil !

       
  3. fella

    Juli 5, 2013 at 2:43 am

    tertarik banget buat ini tas tapi masih bingung sama step2nya. maklum masih pemula. dan saya gak bisa jahit jga. n gak ada mesin jahit. kalo pake tangan susah ya?

     
    • tashomemade

      Juli 6, 2013 at 1:15 am

      Jahit tangan hasilnya gak kuat, kurang rapi dan trlalu LAMA dikerjakan. Tapi..skedar tuk blajar aja, SEBAIKNYA kamu LAKUKAN apa yang kamu bisa dulu. Masalah lain2 ini itu disingkirkan dulu. Yang penting…BELAJAR dan MAJU !

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: