Tutorial Dompet ; Belajar Menjahit Dompet

Berhasrat membuat dompet seperti ini ?

CYMERA_20141208_170110Terus terang, saya sendiri belum berhasil menjahit rapi. Model dompet seperti ini sudah 4x saya coba. Inilah yang ke 4. Yang pertama sangat hancur, yang kedua better, yang ke 3 lumayan , yang ke 4 ini..lebih rapi. Practise makes perfect.

Yuk , perhatikan cara membuatnya !

Ini pola yang dibutuhkan. Semua saya lapis staplek. Staplek ini masih satu keluarga dengan kain keras, hanya saja staplek lebih lentur , tidak mudah lecek ketika tas dibolak-balik. Kain keras hasilnya kurang bagus jika digunakan untuk tas dan dompet. Trust me !

Oya..dalam menjahit dengan staplek, jarumnya menggunakan no 18. Tidak mudah patah. No 21 bisa tapi terlalu besar , akan merusak tekstur kain apalagi jika ada pendedelan.

Apakah selain staplek bisa ? Bisa tapi kurang bagus, mnurut saya. Spons bisa anda gunakan jika anda cukup mahir menanganinya. Untuk pemula (seperti saya) yang ingin hasilnya rapi bisa mengandalkan staplek. Harganya sekitar 16.000 s.d 20.000 an per meter. Ada perekatnya. Tinggal disetrika saja. Sudah tahu ini kan..?

Btw aplikasinya saya ambil dari motif kain dan saya tempel staplek. Hasilnya mantap. Benang tidak terurai.

CYMERA_20141207_180937Ini step nya :

1. Buat terlebih dahulu, penutup dompet alias tempat kancing dompet. Beri tanda dan sobek untuk tempat kaki button. Lihat gambar bawah:

2. Lipat seperti gambar. Jahit sepanjang pinggirnya.

3. Jahit di badan luar dompet. Punya saya ini saya jahit di bawah aplikasi.

CYMERA_20141207_181029 CYMERA_20141207_1811134. a. Ukur panjang risleting yang ingin kita terapkan. Tandai dengan pensil jahit dan mistar.

b. Gunting sepanjang garis sehingga menjadi lubang garis. jangan lupa ujung2nya diberi garis > < sehingga hasil akhir tanda adalah >——< maaf tdak terlihat.

c. sebelum dijahit, gunting ujung risleting agar tidak mematahkan jarum ketika berbenturan.

d. Lipat kain ke dalam.

e. Tindas di sekeliling risleting.

CYMERA_20141207_1814085. a. selipkan sisi dalam kantung dompet.

b. Sehingga tampak seperti sandwich.

c. Jahit bagian atas risleting untuk menutup kantung dari sisi atas.

d. Penampakan setelah dijahit atasnya.

 

 

 

 

CYMERA_20141207_181611

6. a. Atur lipatan untuk tempat kartu, sebelum dijahit.

b. Jahit bagian bottom nya saja, mulai dari tempat kartu paling atas.

c. Jahit sisi kanan tempat kartu. pastikan lurus. Jika anda menggunakan motif selain garis, tandai awal dan akhir jalur yg akan dijahit agar fokus, dengan menggunakan pensil jahit.

d. pasang risletin dgan cara sama seperti telah dijelaskan di atas.

e. selipkan sisi dalam kantung koin .

f. jahit kantung dengan lajur kotak

CYMERA_20141207_1819437. a. satukan badan luar dan dalam tas dengan klip atau penjepit di bagian atas dompet (bagian yang tidak diberi bisban atau pinggiran). Atur agar posisi pas. Biarkan klip jangan sampai terlepas selama menjahit.

b. Buat list atau bisban dengan garis lurus. Lebar bisban 5 cm saja.

c. jahit sepanjang keliling dompet. Perhatikan bahwa saya menjahit dari badan luar dulu. namun setelah eksperimen pada dompet sebelum ini, ternyata lebih bagus jika bisban dijahit dari badan dompet bagian dalam dulu , lalu bagian luar menyusul.

d. gunting sedikit ujung2 yang terkena bagian melengkung.

CYMERA_20141207_1821528.  Setelah bisban terjahit, anda boleh melepas klip yg ada di atas dompet. Dan mulai membalik bisban dan mengatur kerapihannya dengan klip-klip kertas. Sebaiknya tidak menggunakan pentul karena mudah melukai dan…tentu saja .. pentul tidak kuat dengan lapisan setebal ini. Ia akan bengkok dan sulit dicabut. bahkan bisa mudah terlepas kepalanya.

CYMERA_20141207_182236Ini adalah contoh dompet yang saya buat sebelum dompet merah. Hasil bisbannya sedikit lebih rapi mskpun ada yang missed krn kurang cermat mengatur posisi.

CYMERA_20141207_060946yah…bisban memang masih menjadi PR tersendiri untuk saya :p

 

Tutorial Tas dengan Flap dan Zipper

CYMERA_20141206_062327
Penampakan akhir tas yang akan saya bagi tutorialnya

Pola yang dibuat sbb :

CYMERA_20141206_175559
Tutup tas alias FLAP (gambar atas) Body sisi kiri dan kanan tas, untuk lapisan dalam dan luar masing2 dua buah (gambar bawah)

CYMERA_20141206_175937

Berikut ini step nya :

1. Jahit bagian dalam tengah kantung depan tas ke badan luar tas

2. Ukur lebar risleting yg ingin ditampakkan. Rumus = keliling body sisi tas – panjang badan tas

3. Kedua ujung risleting diberi body agar memudahkan penjahitan

CYMERA_20141207_180426
4. Jahit risleting di bagian muka tas 5. Jahit tutup tas, pastikan posisi button sesuai 6. Jahit tangan badan tas ke sisi samping tas. Ini agar hasil jahitan mesin lebih pas, dibandingkan jika menggunakan pentul
CYMERA_20141207_180555
7. Setelah dijahit mesin, balik tas dan pastikan tidak ada jahitan meleset. 8. Lakukan hal yg sama dengan kain badan dalam tas. Hanya saja, tanpa risleting. 9. Satukan badan dalam dgan badan luar tas dengan cara jahit tangan tersembunyi di sekeliling risleting.

Selamat mencoba !

Takut gagal atau bingung ? Atau sudah mencoba tapi gagal rapi dsb  ? Lanjutkan membuatnya kembali. Asah nalar menjahit anda, yang kemungkinan besar takkan anda peroleh kecuali anda pernah GAGAL.

Tote bag praktis, simple model Reversible Bag | Tas Bolak-Balik

Tas ini mudah dibuat dalam waktu 1 jam saja sudah jadi loh… ga percaya?

20140831_113223Coba ajaaa

Nih stepnya :

1. Buat pola seperti pada gambar.

2. Cetak di atas kain. Pada sisi pola dengan tulisan FOLD, itu artinya kain dilipat saat pola dicetak.

20140830_104140

Langkah pada gambar di atas dilakukan dua kali. tapi saya sekali saja karena saya irit bahan motif. Jadi , hasil tas saya nanti adalah : satu sisi luar ada motifnya, tapi kalau dibalik, tasnya polos tanpa motif.20140830_110332

Ingat..pola ini dicetak kiri kanan (lihat gambar tas yg sudah jadi). Jadi, jangan lupa untuk membalik cetakan ketika hendak mencetak sisi kiri dan kanan tas.

3. Tumpuk sisi kanan dan kiri tas dengan sisi bagus yg saling berhadapan. Jahit sisi kiri dan kanan tas, di satu bagian saja (lihat tangan saya) .

20140830_11170820140830_113354

Cukup jelaskah ?

Lakukan hal yang sama dengan bagian dalaman tas :

20140830_111821

 

4. Lalu jahit tepi satunya lagi dan juga bagian bawah tas, sehingga menjadi seperti ini :

20140830_113538Bagian luar (muka luar), masih berbentuk kantong
20140830_113825Bagian/muka dalam, masih berbentuk kantong

5. Satukan bagian dalam dan luar, jahit seluruh tepinya namun sisakan sedikit tak terjahit di bagian atasnya.

20140830_114518 20140830_114535

20140830_114204 20140830_115129Lubang di atas , tengah.Oiya ada yg lupa… bagian tali tas disisakan berlubang di ujungnya, dan dijahit kira2 1,5 cm dari ujung. Ini untuk memberi ruang/space penyambungan akhir.

20140830_112233

6. Balik tas, melalui lubang. Lalu jahit ulang semua tepi tas. Termasuk tali tas,

20140830_115553

Kedua ujung tali tas diselipkan satu sama lain. Atur sedemikian rupa , lalu tindas.

20140830_120104

20140830_12052620140830_120833

20140830_121020

Mudah bukan?

Selamat Berkarya!!

 

Pin Cushion Tutorial , Membuat Bantalan Pentul

CYMERA_20140820_185153

Huaaahhh…. jadi juga nih pin cushion yang dah lama mau saya buat.

Memanfaatkan kain2 perca (quilts) emang sesuatu banget yah.. klo ukuran dan jahitannya ga presisi … yah.. kliatan banget abal2nya. Habis mw gimana lgi.. saya cek d gramedia rotary cutter Rp 250rb.. gubraks. males banget keluarin uang sgitu buat beli barang yg ga trlalu saya butuhkan. Mendingan saya beli walking foot untuk menjahit busa, spons, dan bahan2 tebal. hehehee

Nah..ini cara saya membuat pin cushion :

1. siapkan bahan utama, jahit renda melingkar dengan posisi bagus berhadapan dengan sisi bagus kain.

CYMERA_20140820_215619CYMERA_20140820_190058

 

2.  Jahit jelujur tepian lingkaran dengan jahitan tangan (a). Lalu tarik membentuk kantong. Masukkan dacron atau busa lapis (b). Saya prefer busa lapis karena lebih kaku, lebih enak nancepin jarum pentulnya. Lebih mantap dibanding apabila diisi dacron.

Setelah diisi dacron, tarik terus benang sampai menyisakan sedikit lubang di bawah cushion (c,d). Matikan jahitan.

CYMERA_20140820_190024

 

3. Gunting pola lingkaran kecil yang sekiranya lebih besar dari lubang bawah cushion tadi (maaf lupa fotoin). Lalu jahit jelujur di sekeliling lubang. Ini ada 2 gambar karena saya membuat 2 pin cushion dengan motif alas berbeda.

CYMERA_20140820_185542

 

 Jadi dehhhhhhhh :D

CYMERA_20140820_185329

 

CYMERA_20140820_185412

Tutorial Mini Organizer Bag, Belajar Menjahit Tas Mini Organizer HPO

 

menjahit tas HPO
menjahit tas HPO

CYMERA_20140815_195816CYMERA_20140815_195319

Itulah penampakan HPO atau organizer yang saya kelarkan proses menjahitnya kemarin, Jumat 15 Agustus 2014. Saya menggunakan foam yang agak tebal krn hanya itu yang saya punya di rumah. Saya jelajahi beberapa toko tidak ada yg menjual foam tipis. Biasanya saya menggunakan pelapis spons tapi krn ingin ganti haluan, hehe…saya pake busa aja. Hasilnya memang jd agak tebal tapi aman melindungi gadget di dalamnya jika jatuh.

Baiklah.. ini persiapan awal saya :

1. Menjahit tampak luar dan tampak dalam. Menjahit model pocket nya sesuai selera

20140815_092940 20140815_092955

Jangan lupa jahit badan risletingnya ke kain dengan lebar disesuaikan dengan lebar HPO yang ingin kita buat.20140815_093105

Ini adalah tepian penyangga untuk pembatas atau sekat di tengah organizer / messenger bag. 20140815_100441

 

2.Set risletingnya di tengah dulu. Jahit. Tips : risleting dijahit dalam keadaan mengatup

20140815_100843 20140815_101105 20140815_101508Setelah dijahit, kepala risleting dilepas dulu

 

3. Atur risleting dengan jarum pentul, ke sekeliling badan HPO. Sebelum risleting dipasang, penyangga sekat (pola kotak kecil) dipasang dulu. Jangan lupa sisakan sedikit lubang untuk jahit tangan. 

20140815_10240920140815_18244820140815_184054

 

4. Satukan badan luar, dengan posisi sisi baik saling berhadapan. Jangan lupa pentul yang menahan busa harus mudah dicabut dari luar. Tips menjahitnya, yang menghadap ke kita adalah jalur jahitan yang sudah ada di badan dalam. Jadi jahitan tidak mencong-mencong. Maaf…lupa fotoin. Lalu balik tas HPO ini melalui lubang. 

5. Pasang sekat HPO

 

20140815_18421420140815_18424020140816_091421

6. Kepala risleting dimasukkan ke dalam rel risleting lalu tutup dengan jahitan di ujungnya.

20140815_18482420140815_185110

20140815_194519-1

7. Finishing : Jahit lubang dengan jahitan tangan.

20140816_061603

Jadi dehhhhhh……!!!

Selamat mencoba yaaa

CYMERA_20140815_19581620140816_091421