Tote bag praktis, simple model Reversible Bag | Tas Bolak-Balik

Tas ini mudah dibuat dalam waktu 1 jam saja sudah jadi loh… ga percaya?

20140831_113223Coba ajaaa

Nih stepnya :

1. Buat pola seperti pada gambar.

2. Cetak di atas kain. Pada sisi pola dengan tulisan FOLD, itu artinya kain dilipat saat pola dicetak.

20140830_104140

Langkah pada gambar di atas dilakukan dua kali. tapi saya sekali saja karena saya irit bahan motif. Jadi , hasil tas saya nanti adalah : satu sisi luar ada motifnya, tapi kalau dibalik, tasnya polos tanpa motif.20140830_110332

Ingat..pola ini dicetak kiri kanan (lihat gambar tas yg sudah jadi). Jadi, jangan lupa untuk membalik cetakan ketika hendak mencetak sisi kiri dan kanan tas.

3. Tumpuk sisi kanan dan kiri tas dengan sisi bagus yg saling berhadapan. Jahit sisi kiri dan kanan tas, di satu bagian saja (lihat tangan saya) .

20140830_11170820140830_113354

Cukup jelaskah ?

Lakukan hal yang sama dengan bagian dalaman tas :

20140830_111821

 

4. Lalu jahit tepi satunya lagi dan juga bagian bawah tas, sehingga menjadi seperti ini :

20140830_113538Bagian luar (muka luar), masih berbentuk kantong
20140830_113825Bagian/muka dalam, masih berbentuk kantong

5. Satukan bagian dalam dan luar, jahit seluruh tepinya namun sisakan sedikit tak terjahit di bagian atasnya.

20140830_114518 20140830_114535

20140830_114204 20140830_115129Lubang di atas , tengah.Oiya ada yg lupa… bagian tali tas disisakan berlubang di ujungnya, dan dijahit kira2 1,5 cm dari ujung. Ini untuk memberi ruang/space penyambungan akhir.

20140830_112233

6. Balik tas, melalui lubang. Lalu jahit ulang semua tepi tas. Termasuk tali tas,

20140830_115553

Kedua ujung tali tas diselipkan satu sama lain. Atur sedemikian rupa , lalu tindas.

20140830_120104

20140830_12052620140830_120833

20140830_121020

Mudah bukan?

Selamat Berkarya!!

 

Pin Cushion Tutorial , Membuat Bantalan Pentul

CYMERA_20140820_185153

Huaaahhh…. jadi juga nih pin cushion yang dah lama mau saya buat.

Memanfaatkan kain2 perca (quilts) emang sesuatu banget yah.. klo ukuran dan jahitannya ga presisi … yah.. kliatan banget abal2nya. Habis mw gimana lgi.. saya cek d gramedia rotary cutter Rp 250rb.. gubraks. males banget keluarin uang sgitu buat beli barang yg ga trlalu saya butuhkan. Mendingan saya beli walking foot untuk menjahit busa, spons, dan bahan2 tebal. hehehee

Nah..ini cara saya membuat pin cushion :

1. siapkan bahan utama, jahit renda melingkar dengan posisi bagus berhadapan dengan sisi bagus kain.

CYMERA_20140820_215619CYMERA_20140820_190058

 

2.  Jahit jelujur tepian lingkaran dengan jahitan tangan (a). Lalu tarik membentuk kantong. Masukkan dacron atau busa lapis (b). Saya prefer busa lapis karena lebih kaku, lebih enak nancepin jarum pentulnya. Lebih mantap dibanding apabila diisi dacron.

Setelah diisi dacron, tarik terus benang sampai menyisakan sedikit lubang di bawah cushion (c,d). Matikan jahitan.

CYMERA_20140820_190024

 

3. Gunting pola lingkaran kecil yang sekiranya lebih besar dari lubang bawah cushion tadi (maaf lupa fotoin). Lalu jahit jelujur di sekeliling lubang. Ini ada 2 gambar karena saya membuat 2 pin cushion dengan motif alas berbeda.

CYMERA_20140820_185542

 

 Jadi dehhhhhhhh :D

CYMERA_20140820_185329

 

CYMERA_20140820_185412

Tutorial Mini Organizer Bag, Belajar Menjahit Tas Mini Organizer HPO

 

menjahit tas HPO

menjahit tas HPO

CYMERA_20140815_195816CYMERA_20140815_195319

Itulah penampakan HPO atau organizer yang saya kelarkan proses menjahitnya kemarin, Jumat 15 Agustus 2014. Saya menggunakan foam yang agak tebal krn hanya itu yang saya punya di rumah. Saya jelajahi beberapa toko tidak ada yg menjual foam tipis. Biasanya saya menggunakan pelapis spons tapi krn ingin ganti haluan, hehe…saya pake busa aja. Hasilnya memang jd agak tebal tapi aman melindungi gadget di dalamnya jika jatuh.

Baiklah.. ini persiapan awal saya :

1. Menjahit tampak luar dan tampak dalam. Menjahit model pocket nya sesuai selera

20140815_092940 20140815_092955

Jangan lupa jahit badan risletingnya ke kain dengan lebar disesuaikan dengan lebar HPO yang ingin kita buat.20140815_093105

Ini adalah tepian penyangga untuk pembatas atau sekat di tengah organizer / messenger bag. 20140815_100441

 

2.Set risletingnya di tengah dulu. Jahit. Tips : risleting dijahit dalam keadaan mengatup

20140815_100843 20140815_101105 20140815_101508Setelah dijahit, kepala risleting dilepas dulu

 

3. Atur risleting dengan jarum pentul, ke sekeliling badan HPO. Sebelum risleting dipasang, penyangga sekat (pola kotak kecil) dipasang dulu. Jangan lupa sisakan sedikit lubang untuk jahit tangan. 

20140815_10240920140815_18244820140815_184054

 

4. Satukan badan luar, dengan posisi sisi baik saling berhadapan. Jangan lupa pentul yang menahan busa harus mudah dicabut dari luar. Tips menjahitnya, yang menghadap ke kita adalah jalur jahitan yang sudah ada di badan dalam. Jadi jahitan tidak mencong-mencong. Maaf…lupa fotoin. Lalu balik tas HPO ini melalui lubang. 

5. Pasang sekat HPO

 

20140815_18421420140815_18424020140816_091421

6. Kepala risleting dimasukkan ke dalam rel risleting lalu tutup dengan jahitan di ujungnya.

20140815_18482420140815_185110

20140815_194519-1

7. Finishing : Jahit lubang dengan jahitan tangan.

20140816_061603

Jadi dehhhhhh……!!!

Selamat mencoba yaaa

CYMERA_20140815_19581620140816_091421

 

 

workshop menjahit tas

Kursus Menjahit Tas , Belajar Jahit Tas , Kursus Tas Kain , Workshop Jahit Tas

foto sampul

kursus jahit tas

CYMERA_20140626_063959CYMERA_20140705_193004 - CopyCYMERA_20140706_171847 - CopyCYMERA_20140706_200040 - Copy20140608_134658 20140608_134835

Alhamdulillah.. kursus tas kain homemade “AURI in syaa Allah saya mulai tanggal 18 Juli 2014.

Bagi yang berminat, silakan cek dan LIKE fanpage saya yaaa…

Kursus dibuka setiap Jumat , Sabtu , dan Minggu.

Model-model tas yang diajarkan saya update di fanpage tersebut.

Monggo di cek yaaaa….

Semangat Berkarya !!

 

Hasil Belajar Menjahit WHPO

PicsArt_1396602011380
PicsArt_1396602745163 PicsArt_1396602984427PicsArt_1396603244120 PicsArt_1396602561278PicsArt_1397046391758 PicsArt_1397046594252 Belajar menjahit WHPO…masih menjadi PR tersendiri bagi saya.

Cita-cita untuk membuka kursus singkat (sehari) membuat tas dan HPO masih terus saya upayakan. Perhatikan bhwa semua HPO jahitan saya di atas masih belum simetris dan jahitan kurang rapi karena kurang sabar dan kurang cermat.

Dalam proses mempelajari berbagai tekniknya, saya mulai menemukan pola yang ajeg. Kunci keberhasilan membuat WHPO adalah ukuran yang cermat dan akurat.

Butuh ketelitian untuk mengikuti garis pola agar jahitan tampak rapi. Dan butuh akurasi yang tinggi untuk membuatnya menjadi WHPO yang simetris dan sempurna ukurannya sesuai fungsi.

Membuat tutorialnya tampaknya masih menjadi PR juga bagi saya karena ..entahlah,,,saya sedikit sulit menemukan strategi penjelasannya karena teknik saya yang belum tepat.

Tiga HPO terakhir (terbawah) adalah yang paling rapi pengerjaannya.

Insya Allah…semoga saja suatu saat bisa menemukan teknik yang tepat.

Semangaat!!!

Cara Membuat WHPO , Menjahit HPO

whpowhpo BM

 

U know…saya melihat dua gambar di atas di dua buah blog yang berbeda. Yang pertama itu cantik bukan? Yang kedua (yang bawah) simple dan manis. 

Saya memiliki misi untuk mengajarkan anda semua cara membuatnya, via blog ini.

Harap bersabar…

Saya sangat bisa membuat yang kedua. Tekniknya sudah dengan segera terbaca oleh saya. Tapi HPO yang atas nan cantik ituuuu…saya penasaran juga. Semoga Allah memudahkan langkah saya untuk membagi ilmu pembuatannya. Aminnnnn yRA

Karena saya tidak memiliki motif2 kain cantik, hasilnya mungkin ga akan secantik contoh di atas.

Tapi teteeuuup ajeee….yang penting TEKNIK nya kannnn???

Huehuehueee…

 

Memulai Bisnis Tas dengan Makloon

Yak…setelah 6 bulanan saya ndak meng-update artikel karena satu dan lain hal in my wanderings, saya hendak memberikan info tempat-tempat yang menerima makloon tas.

Bagi yang merasa asing dengan istilah makloon, mungkin kalimat lain dari makloon adalah titip jahit. Jadi, jika anda ingin memulai usaha produksi tas namun belum menemukan tenaga penjahit yang handal serta terbentur modal mesin dll, langkah yang bisa diambil adalah titip jahit alias makloon. Dengan makloon, anda menentukan model tas dan pihak makloon akan membuatkannya untuk anda. Info tempat makloon tas ini saya peroleh dari Tabloid Peluang Usaha edisi 04 Th IX 06-19 Desember 2013. Mengenai detilnya, silakan anda hub pihak-pihak penyedia jasa makloon berikut :

1. KOnveksi Tas

Jl. Mayjend Sutoyo RT 04 /01, no. 21, Cililitan, Jakarta Timur

Email : info@konveksitas.com

website :www.konveksitas.com

2. Produsen Tas

Jl. Perindustrian no. 16 RT 03/06 Kebon Pala Kampung Makasar, Jakarta Timur

Web : http://www.produsentas.com

3. PT Berkah Mulia Sentosa

Jl. Talang Belutu Ujung no.21, Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat

Web: http://www.bermula.co.id

4. Tas kamera Pak Juri

Kp. Bojong Tanjung RT 01/15

Desa Sangkan Hurip, Katapang, Bandung, Jawabarat

web: http://www.taskamera.com

5. Nagoya Konveksi

Jl. Cibeunying Permai 1 no.7, Bandung

web: http://www.nagoya-konveksi.com.

6. Konveksi bandung

http://www.konveksibandungmurah.wordpress.com

7. Konveksi Tas

Komp. Pasadena Jl. Azalea A2 no. 39A Caringin, Kopo, Bandung

web: http://www.konveksi-tas.com

Semoga bermanfaat !

Go entrepreneurship !